Keindahan Candi Perambanan, Kunjungi Sekarang!

Keindahan Candi Perambanan, Kunjungi Sekarang! Bahwasanya Candi Prambanan, juga dikenal sebagai Candi Rara Jonggrang adalah bangunan luar biasa indah. Dibangun pada abad ke-10selama pemerintahan dua raja yaitu Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Mengunjungi kuil ini di sore hari untuk menikmati matahari terbenam adalah kesenangan besar dan kedamaian.

Keindahan Candi Perambanan
Keindahan Candi Perambanan

Pada saat itu keindahan candi perambanan kurang lebih dari satu abad tanah Jawa telah dikendalikan oleh dinasti buddha syailendra atau dinasti sailendra. Tetapi kekuatan mereka memudar setelah beberapa kekalahan besar dan perlahan-lahan runtuh. Dan sejarah candi prambanan dimulai pada saat itu. Jika Anda ingin mengunjungi  candi perambanan, sebaiknya menggunakan transport terbaik demi kenyamanan liburan Anda.

Dinasti Sanjaya Hindu perlahan dan pasti mulai menguasai wilayah Jawa. Dan untuk menyaingi Candi Borobudur yang merupakan candi Budha terbesar yang terletak di Jawa yang pernah dibangun oleh dinasti syailendra. Maka dinasti sanjaya membangun kuil hindu yang tidak kalah megahnya.

Pembangunan candi prambanan pertama kali dimulai sekitar 850 M oleh rakai pikatan dan terus disempurnakan dan diperluas oleh raja lokapala dan raja balitung maha sambu. Bangunan suci ini dibangun untuk memuliakan dewa Siwa, dan nama asli bangunan ini dalam bahasa Sanskerta adalah Siwagrha.

Dalam prasasti ini disebutkan bahwa ketika pembangunan candi prambanan atau “siwagrha” sedang berlangsung, juga dilakukan pekerjaan umum mengubah air untuk memindahkan aliran sungai di dekat candi ini. Sungai artinya adalah sungai Opak yang mengalir dari utara ke selatan di sepanjang sisi barat kompleks candi prambanan.

Sejarah Candi Prambann berakhir Sekitar tahun 930-an, ibu kota kerajaan dipindahkan ke Jawa Timur oleh Mpu Sindok yang menemukan Wangsa Isyana. Diyakini bahwa letusan Gunung Merapi yang terletak sekitar 20 kilometer sebelah utara Candi Prambanan menyebabkan pusat kerajaan pindah ke Jawa Timur.

Dan penyebab lainnya adalah pemberontakan dan perebutan kekuasaan di dalam dinasti itu sendiri. Setelah perpindahan ibukota, Candi Prambanan mulai terabaikan dan tidak terawat. Jadi perlahan-lahan kuil ini mulai pecah dan runtuh.

Candi ini diperkirakan runtuh karena gempa besar pada abad ke-16 dan akhirnya candi perambanan menjadi ratusan puing-puing kecil. Meskipun tidak lagi sebagai pusat keagamaan dan pemujaan umat Hindu, penduduk setempat di sekitar sangat menghormati reruntuhan candi prambanan.

Legenda Roro Jonggrang

Pada saat itu penduduk lokal (jawa) di sekitar candi sudah mengetahui keberadaan candi ini. Tapi mereka tidak tahu latar belakang sejarah yang sebenarnya, siapa raja dan kerajaan apa yang telah membangun monumen ini. Sebagai hasil dari imajinasi, orang lokal membuat cerita rakyat lokal untuk menjelaskan asal-usul keberadaan kuil-kuil ini. Berwarna dengan cerita fantastis tentang raja raksasa, ribuan kuil yang dibangun oleh roh jin hanya dalam satu malam, serta putri cantik yang dikutuk menjadi patung. Legenda Prambanan dikenal sebagai Rara Jonggrang.

Sendratari Ramayana di Candi Prambanan adalah pertunjukan tari kolosal tanpa dialog yang diadakan secara teratur di halaman Candi Prambanan, Sleman Yogyakarta. Dalam acara ini menceritakan kisah Ramayanan yang dibuat oleh Walmiki diambil dari cerita legendaris yang ditulis dalam bahasa Sanskerta. Ceritanya juga merupakan deskripsi dan terjemahan relief candi prambanan.

Ketika Anda mengunjungi Candi Prambanan di sore hari, jangan terburu-buru. Keindahan Candi Prambanan di sore hari akan menawarkan pemandangan matahari terbenam di antara candi utama. Luar biasa! Anda akan merasakan ketenangan dan kedamaian saat melihat matahari terbenam di sini.

Suasana hening dan sakral akan membuat Anda terpesona dan takjub. Di dalam kawasan candi dipenuhi wisatawan yang berfoto dan menikmati keindahan Candi Prambanan ketika matahari mulai tenggelam. Karena candi Hindu terbesar di Indonesia ini dapat berubah menjadi sangat eksotis dengan sinar matahari matahari sore.

Apa yang Anda Ketahui Keindahan Candi Perambanan?

Candi Prambanan atau Candi Loro Jonggrang adalah candi hindu yang terletak di perbatasan antara dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan daerah khusus Yogyakarta. Lokasi candi prambann tepatnya sekitar 30 km sebelah timur kota Yogyakarta.

Baca Juga : http://www.mypaketwisata.com/8-tempat-terindah-yogyakarta-wajib-anda-kunjungi.html

Arsitektur bangunan ini tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu secara umum dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter. Menjulang di tengah-tengah kuil yang lebih kecil di kompleks itu. Sebagai salah satu candi termegah, menarik wisatawan dari seluruh dunia karena keindahan candi perambanan sangat bagus.

About the Author: admin

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *